Mengenal Email dan Mail Server

Email adalah singkatan dari Elektronik Mail atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik merupakan sarana dalam mengirim surat yang dilakukan melalui media internet. Media internet yang dimaksud bisa melalui komputer atau handphone yang memiliki akses internet.

Sejarah Email

Sebelum internet digunakan secara luas, Email telah lebih dulu digunakan. Pada waktu itu Email sangat sederhana, pengguna komputer hanya meletakkan surat kepada pengguna komputer lain. Email hanya dapat dikirim dan diterima oleh satu jaringan komputer dalam rangkaian LAN ( Local Area Network ).

Sekitar tahun 1971, Seorang programmer Amerika, Raymond Tomlinson mulai menggunakan simbol @ sebagai pemisah antara user id dan domain. Mulai sejak itu, nama_user@nama_komputer menjadi standart penggunaan Email. Kemudian John Vital menemukan sebuah software untuk pengaturan Email pada tahun 1975, beberapa tahun kemudian, Email menjadi populer dan telah memenuhi lalu lintas Internet.

Informasi Lainnya: Mengenal tipe record DNS

Eudora adalah salah satu program email pertama yang dapat digunakan secara komersial pada saat itu, dikembangkan Steve Dorner pada tahun 1988. Kemudian pada tahun 1991, bersamaan dengan penemuan WWW ( World Wide Web ) oleh Tim Berners-Lee, Email mulai tersedia luas dan dapat diakses secara gratis dengan tampilan antas muka yang lebih ramah. Beberapa penyedia layanan email gratis adalah Yahoo, Hotmail dan Gmail.

Fungsi Email

Email adalah alamat resmi kita di dunia maya. Dengan menggunakan email kita dapat terhubung dalam berbagai kegiatan internet, seperti bergabung di situs jejaring sosial semisal Facebook dan twitter maka saat pendaftaran akan membutuhkan email. Saat ini, Email telah berkembang hingga memiliki fungsi yang sangat beragam, mulai dari mengirim file, foto, video dan Chat.

Informasi Lainnya: Open Source Data Base MySQL

Web based mail (webmail)

Web based email adalah sebuah layanan e-mail yang basis aksesnya dalam bentuk halaman web dan telah di sediakan oleh penyedia layanan e-mail tersebut. Untuk mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail harus masuk pada web penyedia tersebut.

Email Client

Informasi Lainnya: Website – situs web

Email client, email reader, atau lebih formal Mail User Agent (MUA), adalah program komputer yang digunakan untuk mengelola email pengguna. Untuk mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail menggunakan sebuah program atau aplikasi yang terhubung dengan mail server melalui port email (POP3, IMAP, SMTP).

Pengertian Mail Server

Mail Server atau E-Mail Server adalah perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim melalui email client atau webmail.

Pada mail server terdapat 2 server yang berbeda yaitu :

  • Outgoing Server (Sending email) : Menggunakan protokol server SMTP.
  • Incoming Server (Receiving email) : Menggunakan protokol server POP3 dan IMAP.

Protokol Pada Mail Server :

  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) : Protocol server yang di gunakan untuk Sending email (outgoing).
  • POP3 (Post Office Protocol v3) : Protocol server yang di gunakan untuk Receiving email (incoming).
  • IMAP (Internet Mail Application Protocol) : Protocol server yang di gunakan untuk Receiving email (incoming).

Port yang digunakan protokol SMTP, POP3 dan IMAP :

Informasi Lainnya: Pengertian Web Server
  • POP3 (Non-Encrypted) : port 110
  • Secure POP3 (SSL-POP) : port 995
  • IMAP (Non-Encrypted) : port 143
  • IMAP over SSL (IMAPS) : port 993
  • Secure IMAP4 (IMAP4-SSL) : port 585
  • SMTP (Non-Encrypted) : port 25
  • Secure SMTP (SSMTP) : port 465
  • Secure-TLS SMTP (StartTLS) : port 587

Cara kerja Email Server :


email


Informasi terkait lainnya:
Chat WhatsApp
WhatsApp