Nurse Call di rumah sakit adalah sistem komunikasi yang dirancang untuk memungkinkan pasien berkomunikasi dengan staf perawatan kesehatan, khususnya perawat, ketika mereka membutuhkan bantuan atau pelayanan. Sistem ini membantu meningkatkan respons cepat terhadap kebutuhan pasien dan memberikan layanan perawatan yang lebih efektif.
Sistem ini memungkinkan pasien untuk berkomunikasi dengan tim perawat atau petugas kesehatan dengan cepat dan efisien. Sistem nurse call disebut juga sebagai sistem komunikasi yang memungkinkan pasien atau anggota staf medis untuk memanggil bantuan atau perawatan dengan menekan tombol pada perangkat yang disediakan. Sistem ini dirancang untuk meminimalisir keterlambatan dalam memberikan perawatan yang diperlukan dan memberikan respons yang cepat terhadap keadaan darurat.
Model Nurse Call Sistem
Sistem Nurse Call ini menggunakan jaringan IP dengan struktur TCP/IP standar baik secara kabel atau wireless, dikombinasikan dengan interkom layanan kesehatan, kamera pengawasan video, kontrol akses, layanan informasi pasien semuanya dalam satu sistem, kompak dan mudah dikelola. Disinkronkan dengan server rumah sakit, informasi pasien dan saran medis dan lainnya serta dapat diperbarui secara otomatis. Mendukung tampilan informasi multimedia, panggilan perawat dan layanan informasi lainnya. Dukungan IP – 485 Bus Data yang terhubung ke Terminal Tempat Tidur.
Sistem Nurse Call ini menggunakan Logic Controller dan jaringannya masih menggunakan kabel-kabel yang masing-masing terhubung pada port-port yang sudah di tentukan. Sistem Nurse Call ini banyak dikenal sebagai nurse call analog. Disediakan sebagai sistem komunikasi yang memungkinkan pasien atau anggota staf medis untuk memanggil bantuan atau perawatan dengan menekan tombol pada perangkat yang disediakan. Harga Sistem Nurse Call ini lebih murah di banding dengan model Sistem Nurse Call yang menggunakan protokol TCP/IP.
Jenis-Jenis Nurse Call
Sistem pemanggil nurse call ini hanya memberikan signal saja (satu arah) kepada master nurse call yang biasanya di tempatkan pada nurse station (suster jaga). Pada master nurse call akan mengaktifkan bell serta menampilkan lampu indikator sesuai port alat pemanggil pada kamar atau bed pasien.
Sistem pemanggilan nurse call ini berupa signal analog atau digital dan dapat berkomunikasi suara antara perawat dan pasien rumah sakit setelah perawat mengaktifkan mode komunikasi. Saat pasien melakukan panggilan pada sistem admin nurse call yang biasanya di tempatkan pada nurse station (suster Jaga) bukan hanya mengaktifkan bell dan lampu indikator tapi pada nurse call yang menggunakan TCP/IP dapat menampilkan juga detail data pasien pada layar monitor, karena sistem ini dapat terintegrasi dengan data server rumah sakit. Selain itu Perawat dapat mengaktifkan mode komunikasi suara kepada pasien sebagai respon pertama.
Komponen Utama Nurse Call Sistem
Setiap tempat tidur atau ruangan pasien dilengkapi dengan tombol panggilan. Pasien dapat menekan tombol ini jika mereka memerlukan perhatian atau perawatan dari perawat atau petugas kesehatan.
Setiap tempat tidur atau ruangan pasien dilengkapi dengan terminal. Terminal tersebut tempat mengkoneksikan tombol panggilan perpanjangan dan pada nurse call sistem dua arah terdapat speaker dan microphone untuk melakukan komunikasi suara dua arah.
Stasiun perawat adalah pusat pengendalian sistem nurse call. Petugas perawat dapat melihat panggilan yang masuk dari berbagai tempat tidur atau ruangan pasien dan meresponsnya sesuai dengan prioritas. Stasiun perawat juga dilengkapi dengan indikator suara atau visual yang memberi tahu perawat tentang panggilan yang masuk.
Pada sistem IP nurse call juga dapat mengirim pemberitahuan ke perangkat seluler perawat atau alat komunikasi lainnya. Ini memungkinkan perawat untuk tetap responsif terhadap panggilan bahkan jika mereka tidak berada di stasiun perawat.
Memberi pemberitahuan berupa tampilan indikator atau visual ketika ada panggilan berupa informasi bisa data lokasi kamar rawat, nomor bed atau jenis code panggilan lainnya.
Beberapa sistem nurse call dapat diintegrasikan dengan sistem lain dalam rumah sakit atau fasilitas kesehatan, seperti sistem manajemen informasi medis (MIMS/SIMRS) atau sistem manajemen perawat (NMS). Ini memungkinkan informasi pasien dan permintaan perawatan untuk secara otomatis dicatat dalam rekam medis pasien.
Sistem Nurse Call di rumah sakit berperan penting dalam meningkatkan layanan perawatan kesehatan,
meningkatkan respons cepat terhadap kebutuhan pasien, dan memberikan lingkungan perawatan yang
lebih aman.